Kuliner

Tahu Pong Jalan Gajah Mada

Saya kurang tau apakah tahu pong itu asli dari Kota Semarang, kelihatannya memang yang terkenal dari Kota Semarang, jadi saya anggap makanan ini salah satu khas dari Kota Semarang. Kenapa disebut tahu pong? Karena di tengah atau dalamnya kopong alias kosong. Di Semarang mungkin ada beberapa tempat yang menjual tahu pong tetapi menurut saya yang paling terkenal tentu saja warung tahu pong yang ada di Jl. Gajah Mada.

Cara Penyajian
Tahu pong di Jl. Gajah Mada disajikan dengan gimbal (keripik udang yang digoreng) dengan kuah petis dan bawang putih yang disajikan secara terpisah. Dan dilengkapi juga dengan acar mentimun.

Untuk porsi disajikan dengan jumlah yang cukup besar. Bagi yang kurang kuat makan direkomendasikan untuk makan 1 porsi berdua karena dengan tanpa nasipun saya tidak kuat untuk menghabiskannya (walaupun saya dikenal jago makan)

Tahu Emplek
Selain itu ada menu lain yang disajikan di warung tahu pong Jalan Gajah Mada ini, yaitu tahu emplek. Bedanya dengan tahu pong adalah tahunya padat dan ukurannya cukup besar sekalipun untuk dimakan 2 orang. Kuahnya sama dengan tahu pong dan biasanya disajikan dengan telur utuh.

Cara mencapai
Tahu Pong Gajah Mada cukup mudah untuk dicapai dari Simpang Lima. Cukup menggunakan angkutan kota yang melewati Jalan Gajah Mada dan letak warung terletak di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan. Warung tahu pong ini terletak di samping apotik K-24.

Alternatif Lain
Warung tahu pong lain yang saya tahu bisa ditemukan di Jalan Depok, dari warung tahu pong Jalan Gajah Mada lurus sedikit lagi lalu belok kiri langsung setelah bertemu perempatan lampu merah. Warung tahu pong bisa ditemukan di pojokan jalan di depan toko sepatu bata.

Gambar tahu pong diambil dari situs kompas.

25 Comments

Speak up

Add your comment below, or trackback from your own site.

Subscribe to these comments.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*Required Fields